5 Makanan Penambah Tenaga Saat Puasa

Tentukan Komposisi makananmu

Waktu sahur adalah saat yang penting untuk mengisi kebutuhan tubuh yang akan digunakan untuk menjalani ibadah puasa.

Oleh karena itu kita harus pintar memilih menu atau makanan apa saja yang akan dikonsumsi saat sahur.

Tidak hanya lezat dan banyak saja tetapi juga harus bergizi seimbang tentunya.

Idealnya, makanan di piring Anda harus mengandung 40–50% karbohidrat, 25–30% protein, dan 25–30% lemak.

Karbohidrat merupakan sumber yang baik untuk energi tubuh Anda. Sementara itu, protein dan lemak akan membantu Anda kenyang lebih lama.

Minum air putih secukupnya

Dalam kondisi puasa cairan dalam tubuh dapat berkurang seiring dengan aktivitas yang dilakukan.

Namun tenang saja, ini bisa antisipasi dengan minum air putih yang cukup saat sahur.

Nah disamping itu ada 5 jenis makanan yang akan membantu kamu untuk meningkatkan tenaga kamu saat berpuasa.

1. Pisang

Pisang banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti fruktosa, yaitu gula alami yang dapat menambah tenaga dengan instant.

Pisang juga mengandung Vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh , apalagi saat puasa dimana sistem imun kita melemah.

2. Selai kacang

Selai kacang dengan gizi lemak tak jenuh serta protein yang  dipenuhi nutrisi membuat kenyang lambung Anda.

Sahur dengan tambahan roti dan selai kacang akan membuat Anda lebih kenyang dan menunda rasa lapar yang berlebihan.

Kamu bisa mengkonsumsi dua sendok selai kacang perharinya saat sahur, dan jangan lupa selai kacang juga dapat membantu anda mengurangi stress loh,

3. Labu

Labu adalah sayuran yang berguna untuk segala jenis kesehatan. Sayur ini tidak tinggi kalori tetapi dapat mengenyangkan lambung kamu dan mengontrol hormon untuk membuat kamu merasa lebih bugar dan energik.

4. Oatmeal

Nah, bagi kamu yang kurang doyan makan nasi saat sahur, kamu bisa mencoba oatmeat dengan ditambah potongan buah berry diatasnya.

Oatmeal mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang berguna untuk menunda rasa lapar kamu hingga adzan maghrib nanti.

5. Kacang Almond

Kacang almond mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk produksi energi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), protein, mangan, dan tembaga.

Ini berguna untuk menjaga daya tahan dan persediaan tenaga kamu disaat menjalani ibadah puasa.

Kacang almond pun mampu memberi kontribusi positif bagi performa pria, yang meliputi kekuatan dan ketahanan tubuh pria.

Yuk perbaiki menu sahur kamu mulai hari ini dan jangan biarkan tubuh kamu lemas dan tidak bersemangat pada saat berpuasa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *